Yamaha YARD BUILT : Yamaha XRS 900 “ALTER”

ru88ercookie.com – Seri modifikasi dari Yamaha YARD BUILT menelurkan lagi sepeda motor dengan tampilan menawan. Berbasis Yamaha XSR 900 yang dimodifikasi dengan sentuhan teknologi oleh DAB Motors asal Perancis. Sepeda motor ini meninggalkan kesan retro dari penampilan standar Yamaha XSR 900 dan menjadi sangat modern.

Simon Dabadie dari Dab Motors merupakan builder yang familiar dengan engineering, desain dan sepeda motor. Simon sebelumnya juga sudah berkerja dengan Roland Sands Design dan Deus ex Machina. Jadi dengan bekal pengalaman dan kemampuannya, Simon memaksimalkan teknologi untuk mendandani Yamaha XSR 900.

Untuk bagian subframe, segitiga atas, penjepit setang dan braket lampu depan yang semuanya dibuat dari alumunium Simon bekerjasama dengan Poly Shape berdasarkan desain Simon. Poly Shape menggunakan teknologi laser beam melting ketika melakukan pencetakan part tersebut. Part part baru ini lebih ringan 50% dari part asli Yamaha XSR 900.

Untuk bagian bodywork, Simon bekerjasama dengan Compositadour Research yang menggunakan robot KUKA untuk membentuk mold dimana nantinya digunakan untuk mencetak part berbahan ampliTex flax fiber. Flax fiber menurut Simon lebih indah karena material tersebut tembus cahaya. Dari bahan tersebut Simon membuat fairing baru, pelindung shockbreaker asimetris, cover tangki dan bagian buntut jok.

Untuk bagian kaki kaki, Simon menjejalkan suspensi Ohlins di depan dan belakang serta velg carbon Rotobox RBX 2. Perangkat rem menggunakan Brembo dan ban dipercayakan kepada Michelin Road 5S. Perangkat seperti setang, spion, hand grips dan tabung minyak ren dari Rizoma. Speedometer asli masih menggunakan standar namun dipindahkan ke tangki. Kemudian dijejalkan juga filter dari DNA dan knalpot IXIL SX1.

Tidak berhenti disitu, ternyata bagian jok dilapisi Armalith, material tahan gesekan dari Bolid’Ster sama seperti yang diaplikasi khusus di jaket dan celana Simon. Helm juga didukung oleh Qwart Helmets dengan helm Pheonix khusus agar cocok dengan sepeda motor ini. Tas dan sarung tangan didukung oleh Velomacchi.

Dan apa tujuan dibuatnya Alter ???

Ide awal dibuatnya Alter adalah di dunia yang digerakkan oleh teknologi, kita tidak boleh terpaku di masa lalu dengan cara kerja di masa lalu. Intiny sih berpikir kedapan dan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin.

Video dari Yamaha XSR 900 ” ALTER” by DAB Motors :

Supono Wahyudi
Instagram : @suponowahyudi
Twitter : @ suponowahyudi
Email : suponow46@gmail.com
Facebook Page : Rubber Cookie
Youtube Channel : Supono Wahyudi